Manfaat Sholat Sebagai Penggugur Dosa

Assalaamu 'alaikum.. “Dari Abu Dzar r.a bahwasannya Rasulullah saw pernah keluar dari rumahnya ketika musim gugur di saat daun-daun berguguran dari pepohonan. Beliau mengambil setangkai ranting pohon, dan daun-daunnya langsung berguguran. Beliau berkata, “wahai Abu Dzar!”
Sayyidina Abu Dzar r.a menyahut, “aku siap sedia ya Rasulullah”
beliau bersabda, “sesungguhnya seorang muslim yang menunaikan shalatnya semata-mata karena Allah swt, maka dosa-dosanya akan berguguran sebagaimana daun-daun ini berguguran dari rantingnya”. (H.R. Ahmad, dari kitab At-targhib)

Pada musim gugur banyak daun-daun berguguran dari pohonnya sehingga ada sebagian pohon yang daunnya tidak tersisa sehelai pun. Baginda Rasulullah saw bersabda, “Hasil shalat yg dikerjakan dengan ikhlas, semua dosa diampuni hingga tidak ada satupun yang tersisa”. Untuk dosa-dosa besar perlu bertobat secara khusus.
Ada satu hal yg perlu di renungka, menurut para ulama, berdasarkan kesimpulan dari Al-Qur'an dan hadits-hadits Baginda Nabi saw, shalat dan ibadah-ibadah lain hanya menghapus dosa-dosa kecil.

Sedangkan dosa besar tidak dapat di ampuni tanpa bertobat secara khusus. Oleh sebab itu, selain mengerjakan shalat, hendaknya kita selalu bertaubat dan beristighfar, jangan sampai kita melalaikannya.

Jika Allah swt mengampuni dosa-dosa besar karena kemurahanya shalat kita, itu perkara lain.

Bukti betapa maha pengasih dan maha penyayangnya Allah

Comments

Visitor

Online

Related Post